Lampiran pertanyaan dan jawaban
Session 1
Pertanyaan :
1. Rensy Novianti : Dalam makalah pada halaman lima tepatnya pada bagian sejarah sebagai cara mengetahui masa lampau disebutkan “Dalam waktu terjadi empat hal yaitu, perkembangan, kesinambumgan, pengulangan dan perubahan.” Yang menjadi pertanyaan saya adalah apa yang dimaksud dengan perkembangan, kesinambumgan, pengulangan dan perubahan ? dan berikan contohnya ?
2. Arif Heriawan : Dalam makalah pada halaman lima tepatnya pada bagian sejarah sebagai pernyataan pendapat disebutkan “ketika menyatakan pendapat ada dua dasar yang dipakai yaitu, konsensus dan konflik.” . Yang menjadi pertanyaan saya adalah berikan contoh pernyataan pendapat dari dasar konflik ?
3. Desti Amaliah : saya pernah membaca salah satu artikel di internet, dan ada salah satu kalimat disana yang mengtakan bahwa sejarah bukan sebagai ilmu karena tidak berdasarkan fakta dan tidak dapat di coba ulang . Pertanyaan saya adalah apakah anda setuju dengan pernyataan tersebut ? jika tidak, apa alasan anda ?
Sessoin 2
Pertanyaan :
1. Rosmei Sinaga : Bagaimana sejarah dikaji dari segi politik ?
2. Nuzon Sugito : bagaiman kita menanamkan arti pentingnya sejarah kepada anak didik kita dan apa usaha kita sebagai mahasiswa untuk menyadarkan warga tentang arti pentingnya sejarah ?
3. Rigo Firmanto : bagaimana cara kita sebagai pendidik nanti menjelaskan kepada anak-anak didik kita tentang teori-teori asal usul manusia yang menurut teori itu berasal dari kera yang kita juga tidak mempercayainya. Dan dalam agama juga telah di jelaskan manusia pertama adalah nabi adam ?
JAWABAN
Session 1
1. Maksud dari perkembangan adalah kehidupan manusia yang berkembang dari zaman ke zaman seperti contoh pada masa paleolitikum alat-alat yang digunakan masih sangat kasar dan belum di upam lalu pada zaman megalitik alat-alat tersebut sudah halus atau sudah di upam, inilah contoh perkembangan dalam waktu.
Kesinambungan disini artinya sebuah peristiwa terjadi secara berurutan. seperti contoh zaman archaikum (bumi belum ada kehidupan sama sekali) lebih dahulu dari zaman palaeozoikum (telah ada organisme ber sel satu) dan tidak mungkin sejarah itu tidak berkesinambungan
Pengulangan adalah dimana terjadi suatu peristiwa yang sama namun dalam waktu yang berbeda seperti contoh upacara hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945 yang terus di peringati sampai sekarang.
Perubahan artinya dari sejarah kita bisa membuat suatu perubahan contoh dari perubahan adalah berubahnya sistem pemerintahan di indonesia dari orde lama menjadi orde baru.
2. Pernyataan pendapat dari dasar konflik adalah pendapat yang dinyatakan seseorang yang kontra terhadap sesuatu itu. Pernyataan dari dasar konsensus adalah pendapat yang dinyatakan seseorang yang pro terhadap sesuatu itu. Contoh pernyataan pendapat dari dasar konflik adalah dalam pemerintahan presiden Soeharto. Golongan kontra menganggap ini adalah suatu kegagalan yang besar karena banyak terjadi korupsi. Sedangkan pendapat dari golongan pro atau konsensus mereka sangat memuji pemerintahan presiden soeharto karena banyak terjadi pembangunan.
3. Menurut pendapat kelompok kami, kami tidak setuju jika dikatakan sejarah bukan sebgai ilmu karena syarat untuk dikatakan sebagai ilmu harus memiliki metode dan objek kajian sedangkan sejarah memilikinya. Metode dalam penelitian sejarah adalah heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi, objek kajian sejarah adalah manusia. Jadi tidak benar jika mereka mengatakan sejarah itu bukan suatu fakta karena sumber-sumber sejarah itu di uji dengan metode-metode tadi sehingga sejarah haruslah sebuah fakta bukan opini atau pun khayalan belaka.
Session 2
1. Jika sejarah dikaji dari ilmu politik, memang pada mulanya politik adalah tulang punggung sejarah. Banyak buku teks sejarah yang berisi tentang rentetan peristiwa politik, seperti masa pemerintahan seorang raja, kejatuhan pemerintahan seorang raja, dan pemberontakan.namun menjelang perang dunia ke II sekelompok sejarahwan mulai meragukan keterkaitan ilmu sejarsah dengan ilmu politik sehingga mereka memperluas ruang lingkup ilmu sejarah kedimensi kehidupan sosial yang lain.
2. Cara menanamkan arti pentingnya sejarah kedalam diri anak didik kita nanti adalah dengan cara mengmberi tahu mereka apa itu sejarah, apa manfaat terpenting dari belajar sejarah. Dengan mengetahui seberapa pentingnya sejarah diharapkan anak didik kita nanti tidak hanya menggangap sejarah hanya sebatas teori tapi mampu mengaplikasikannya dalm kehidupan bermasyarakat.
Sedangkan pernanan kita sebagai mahasiswa untuk menyadarkan merka tentang arti penting sejarah adalah kita bisa melakukan beberapa demontrasi seperti mengumpulkan beberapa file-file ataupun film tentang perjuangan dalam memperebutkan kemerdekaan Indonesia sehingga dengan mengetahui betapa beratnya pahlawan-pahlawan kita memperebutkan kemerdekaan masyarat bisa sadar betapa pentingnya arti sejarah
3. Cara kita menjelaskan kepada para siswa kita nanti adalah kita tetap ajarkan teori-teori tersebut kepada anak didik kita, namun perlu diperingatkan lagi bahwa itu hanya sebatas teori dan itu tidak benar adanya.
0 Response to "Pertanyaan seputar sejarah"
Post a Comment